WebQuest: Membuat Materi Pelajaran Lebih Eye Catching

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, motivasi belajar, dan pada akhirnya prestasi akademik siswa. WebQuest adalah salah satu produk dari TIK yang bisa diperoleh dengan mengakses internet.

WebQuest adalah format pelajaran yang berorientasi pada metode inkuiri yang di dalamnya memuat banyak informasi tentang materi pelajaran dan penugasan berasal dari web yang me-link ke WebQuest.

WebQuest dikembangkan oleh Bernie Dodge di Universitas Negeri San Diego pada Februari 1995 dengan input awal dari SDSU/Pacific Bell Fellow Tom March, staf di Teknologi Pendidikan di San Diego Unified School District dengan partisipan peserta Teach the Teachers Consortium.

Sejak itu puluhan hingga ribuan guru menggunakan WebQuest sebagai salah satu jalan menarik siswa dalam proses belajar di abad 21.  Model ini kemudian menyebar di seluruh dunia. Bahkan beberapa negara dengan antusias menggunakan WebQuest seperti Brazil, Spanyol, Cina, Australia, dan Belanda.

Membuat WebQuest

            Secara teknologi membuat WebQuest sangat mudah. Sepanjang kita dapat membuat dokumen dengan hyperlinks, maka kita dapat membuat WebQuest. Ini artinya bahwa WebQuest dapat dibuat dengan menggunakan Word, Powerpoint, bahkan Excel.

Sebuah WebQuest adalah:

  • Meliputi tugas yang dapat dilakukan siswa dengan tampilan menarik
  • Memerlukan proses berpikir lebih dalam, bukan hanya sekedar merangkum materi pelajaran. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan menggabungkan, menganalisa, memecahkan masalah, menciptakan kreativitas, penilaian, dan evaluasi.
  • Menggunakan sumber informasi dari web dan referensi buku lain untuk memperkaya materi pelajaran. Jika materi di WebQuest hanya berasal dari buku pelajaran tanpa diintegrasikan dengan informasi yang ada di situs yang memiliki keterkaitan dengan mata pelajaran, maka WebQuest tak ubahnya seperti pelajaran konvensional.
  • Membuat WebQuest bukan berarti membuat laporan penelitian atau membuat langkah demi langkah seperti prosedur matematika. Sehingga, WebQuest tidak berhenti sampai pada tahap siswa mampu membuat contoh WebQuest diikuti dengan presentasi. Tetapi siswa mampu memberikan contoh-contoh dari tema pelajaran yang disajikan dalam WebQuest sekaligus menjelaskan maksud tulisan yang ada dalam WebQuest.

Situs Penyedia WebQuest

QuestGarden

QuestGarden diciptakan oleh Bernie Dodge. Membuat WebQuest dengan menggunakan Quest Garden lumayan mudah. QuestGarden menyediakan step by step cara membuat WebQuest dan contohnya dengan disupport dokumen dalam bentuk Word, PowerPoint, dll.

Zunal.com

Situs Zunal.com juga menyediakan WebQuest secara gratis. Caranya, buka situs http://zunal.com. Setelah membuka halaman zunal.com, kemudian melakukan registrasi di kolom Register Free. Urusan registrasi beres, klik login dengan memasukkan e-mail dengan password. Langkah selanjutnya membuat WebQuest dengan mengikuti langkah-langkah demi langkah yang ada di zunal.com.

 

Teacherweb.com/tweb/TWQuest.aspx

Website teacherweb.com menyediakan WebQuest bagi siapa saja yang telah mendaftar. Menariknya, selain WebQuest, situs teacherweb juga menyediakan space untuk membuat situs milik para pengajar.

 

Untuk membuat WebQuest, langkah pertama adalah klik https://www.teacherweb.com/tweb/twquest.aspx. Kemudian klik sign up and get started. Langkah selanjutnya klik Create WebQuest yang ada di home yang akan diikuti dengan tampilan di bawah ini.

 

Create Your TeacherWebQuest:

Grade Level: Elementary SchoolMiddle SchoolHigh School

Subject Area: ArtAstronomyBiologyCareersCharacterChemistryComputersCurrentCurrent EventsDrama/TheaterEconomicsEducation TechnologyEnglishFrenchGeographyGermanHealthHistoryLanguageLanguage ArtsLawLiteratureMathMedicineMusicPhysicsPoliticsPsychologyReligionSafetyScienceSocialSocial StudiesSpanishSportsStudy SkillsWeatherZoology

Topic of the WebQuest: (e.g. “Olympics”, “Biomes”, “CivilWar”)

Title of the WebQuest: (e.g. “Civil War WebQuest”)

 I have an Account Code

 I have the email address and password of my paid TeacherWeb account

 

 

Account Code:

I agree to the Terms and Conditions of a WebQuest on TeacherWeb®

I acknowledge that TeacherWeb® may remove my WebQuest at any time,
with or without cause, in its sole and absolute discretion.

                                                      

 

Isi kolom yang tersedia. Semua harus diisi. Setelah semua diisi, klik Next. Langkah selanjutnya adalah membuat WebQuest sesuai instruksi di web.

 

Template WebQuest

Agar tampilan WebQuest menarik, pilihlah template yang kira-kira sesuai dengan umur siswa. Di bawah ini contoh template di Quest Garden.

 

 

 

 

 

 

Secara umum langkah pembuatan WebQuest seperti di bawah ini:

1.Pilih topik  mata pelajaran yang sesuai dengan model inkuiri

2.Membuat desain

3.Jelaskan bagaimana siswa akan dievaluasi

4.Proses desain

5.Mempercantik tampilan desain.

Ternyata membuat webquest gampang ya. Selamat mencoba

 

 

 

One thought on “WebQuest: Membuat Materi Pelajaran Lebih Eye Catching

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s