Internet:Tinjauan Teori (1)

 

“Apa yang kamu lakukan di internet?”  Pertanyaan seperti ini sudah menjadi kelaziman satu dasawarsa terakhir. Dari anak-anak hingga orang tua menjadi pengguna internet. Sehingga, kini bukan hal aneh jika sebagian waktu manusia modern dihabiskan untuk berselancar di dunia maya. Mereka bisa melakukan chatting, browsing, searching, download atau mengirim pesan melalui surat elektronik atau e-mail (electronic-mail).

Berdasarkan riset Yahoo di Indonesia bekerja sama dengan Taylor Nelson Sofres pada tahun 2009 menyebutkan bahwa mayoritas pengguna internet berasal dari kalangan remaja usia sekolah rentang umur 15 tahun hingga 19 tahun dengan prosentase mencapai 64 persen. Riset itu melibatkan 2.000 responden. Sebanyak 53 persen dari kalangan remaja itu mengakses internet melalui warung internet (warnet), sementara 19 persen menjangkau internet via telepon seluler.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia menyebutkan, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2009 diperkirakan mencapai 25 juta dengan pertumbuhan setiap tahun rata-rata 25 persen. Berdasarkan survey MarkPlus Insight yang dirilis Majalah Marketeers jumlah pengguna internet per Oktober 2011 mencapai 55 juta orang atau naik dibandingkan tahun 2010 yang berjumlah 42 juta.

Menariknya sekitar 50 persen hingga 80 persen pengguna internet berasal dari kalangan muda dengan dominasi umur 15 hingga 30 tahun. Rata-rata mereka mengakses internet sekitar 3 jam sehari. Riset ini dilakukan pada 2.161 pengguna internet yang tersebar di 11 kota besar di Indonesia. Berbeda dengan tahun 2009 yang sebagian besar mengakses internet melalui warnet, pada tahun 2011 sebagian besar pengguna internet mengakses via smartphone yang terkoneksi ke internet.

Riset terbaru yang diselenggarakan Mastel (Masyarakat Telekomunikasi) menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia melonjak menjadi 84 juta orang dengan proporsi 54 persen laki-laki, 64 persen perempuan. Meski secara prosentase perempuan di bawah laki-laki, ternyata perempuan lebih lama mengakses internet ketimbang laki-laki.

Mengapa manusia modern menghabiskan waktunya berjam-jam di internet? Hal itu tidak lepas dari fungsi dan manfaat yang disediakan internet. Internet dapat digunakan sebagai media hiburan seperti main game, mendengarkan music gratis, sebagai media belajar, sarana bisnis, pemasaran produk, media komunikasi melalui surat elektronik atau e-mail (electronic mail), jejaring sosial (social media network), yahoo messanger (YM), Skype, What’sApp, dll.

Internet juga efektif digunakan sebagai sarana kampanye politik seperti yang dilakukan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada 2008 lalu. Melalui akun facebook presiden kulit hitam pertama ini menggalang massa untuk mendukung kampanye politiknya. Hasilnya, melalui good campaign di internet dan secara offline, Barack Husein Obama dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat awal November 2008.

Dari internet pula lahir penyanyi terkenal Justin Bieber yang semula diketahui bakatnya oleh produser dari situs jejaring sosial Youtube. Bahkan, di tanah air juga muncul pekerja seni instan yang dikenal masyarakat setelah aksi mereka di Youtube ditonton oleh ribuan bahkan ratusan orang seperti Norman Kamaru, Shinta Jojo, dll.

            Internet juga memberi ruang bagi tiap individu untuk menyampaikan pandangan politik dan kritiknya terhadap pemerintahan. Sehingga muncul istilah parlemen online. Seperti kasus cicak buaya yang menyeruak ke publik karena mengusik rasa keadilan masyarakat pada penghujung tahun 2009. Publik membuat akun grup sejuta facebooker yang mendukung cicak. Atau kasus Prita Mulyasari yang melahirkan grup di facebook dengan nama Koin Prita yang dibarengi dengan kemunculan posko peduli Prita.

            Bahkan, internet menjadi sarana masyarakat di kawasan Timur Tengah menyampaikan protesnya atas pemerintahan mereka. Revolusi melati yang terjadi di Mesir, Libya bermula dari keprihatinan masyarakat atas bobroknya rezim yang berkuasa melalui situs jejaring sosial.

Sehingga bisa dikatakan internet kini menjadi dunia ‘kedua’ bagi pengguna yang mengakomodasi kebutuhan manusia seperti berkomunikasi dengan orang lain, berbisnis, bertransaksi, bekerja, belajar, bermain, mendengarkan musik, mencari informasi berita, mencari referensi tulisan, dll.

Dengan kapasitas, manfaat, dan banyaknya pengguna internet wajar jika dikatakan bahwa internet adalah teknologi fenomenal abad ini.

Definisi Internet

Internet berasal dari kata interconnected-networking atau interconnection network. Inter artinya antara. Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis computer dan jaringan di dunia yang berbeda system operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protocol standar dalam berkomunikasi yaitu protocol TCP/IP.

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain. (Daniel H Purwadi).

The Internet, sometimes called simply “the Net,” is a worldwide system of computer networks – a network of networks in which users at any one computer can, if they have permission, get information from any other computer (and sometimes talk directly to users at other computers). (Internet kadang disebut dengan net yakni sistem jaringan komputer seluruh dunia-sebuah jaringan dari jaringan di mana pengguna komputer bisa mendapat informasi dan kadang-kadang bisa berbicara langsung dengan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s