Mengapa Perlu Access Branding?

Oleh
Drs. Christ Srie Harinto, S.Sn
Branding merupakan salah satu strategi bisnis. Bisa dilakukan oleh pelaku usaha dari kalangan swasta, juga koperasi. Formulasi yang bagus dalam penggunaan branding akan membuat koperasi kian kompetitif. Strategi branding juga akan menegaskan peran koperasi khususnya koperasi kredit di bidang finansial.
Apa itu branding? Branding merupakan hal urgen bagi keberhasilan strategi pertumbuhan koperasi kredit. Branding bukan hanya sekedar logo eksistensi koperasi secara nasional, tetapi jauh lebih luas dari itu. Di koperasi kredit dikenal Acces Branding yakni penilaian kesehatan koperasi oleh ACCU (Asian Confederation Credit Union) tingkat Asia.
Koperasi yang dinilai kesehatannya oleh ACCU akan mendapat sertifikat dan hanya berlaku berapa tahun untuk kemudian dievaluasi lagi. Sehingga sertifikat itu tidak berlaku selamanya. Tetapi akan dikaji lagi. Selain itu, koperasi juga berkesempatan meningkatkan peringkatnya. Misalnya dari kelas perunggu naik menjadi perak kemudian naik emas.
Dalam usaha perolehan sertifikat Access Branding, ACCU akan membantu koperasi kredit dalam hal: 1) mengembangkan berbagai strategi yang menekankan pada manfaat koperasi kredit sebagai lembagai keuangan yang ramah, lembaga keuangan yang manusiawi, lembaga keuangan impian, lembaga keuangan terdekat dan lembaga keuangan dunia.
2) Memberikan dukungan teknis untuk para anggota dalam menerapkan strategi branding; 3) Mengembangkan materi-materi periklanan yang akan menjadi model bagi koperasi kredit.
Nah, langkah-langkah yang harus dilakukan koperasi kredit dalam meraih sertifikat Access Branding antara lain: 1) mengembangkan tema yang sama sehingga anggota akan memberitahu anggota lain tentang pengalaman yang dirasakan sebagai anggota koperasi kredit.
2) Membangun dan menguatkan citra public tentang budaya koperasi kredit, paktek kerja, gaya manajemen, pelayanan prima dan istimewa bagi anggota. 3) Mengkoordinasikan branding organisasi dengan produknya. 4) Menguatkan manajemen koperasi kredit agar inovatif sehingga bisa memberikan lebih kepada anggota.
Manajemen inovatif memiliki kualifikasi antara lain 1) Menciptakan rasa penting dan rasa ingin tahu intelektual untuk segera bertindak; 2) Melibatkan pikiran, hati, dan impian para staf dan pengurus koperasi kredit; 3) Memberikan alasan yang jelas dan kuat bagi tim manajemen untuk bekerja. 4) Memberikan kesan kepada tim manajemen bahwa bekerja untuk koperasi kredit merupakan hal yang menarik, menyenangkan dan menantang, berharga, bermanfaat, dan staf akan selalu siap dan dengan senang hati bekerja setiap hari.
5) Mempunyai ‘kaki’ yang siap untuk melayani dalam jangka waktu lama, sebagai pesan organisasi; 6) Mengirimkan pesan tentang berbagai produk, alat, proyek, gaya manajemen, budaya dan peluang koperasi kredit. 7) Memiliki tema atau slogan memikat yang membuat koperasi kredit tampak professional dan dinamis dalam dunia perindustrian. 8) Membuat para staf koperasi merasa koperasi adalah organisasi dan pekerjaan idaman. 9) Pesan yang harus selalu diingat bagi anggota, pengurus, dan karyawan koperasi adalah ‘untuk saat ini dan selamanya’ dan menarik bagi semua generasi. 10) Dapat dipercaya. Jujur, dan bukan sekedar tipuan dari aspek hubungan masyarakat.
Kepemilikan sertifikat Access Branding menjadi suatu garansi koperasi yang bersangkutan memiliki kemampuan. Dan yang paling penting, koperasi kredit akan akan berubah menjadi lembaga keuangan yang dinamis dan kreatif.
Penulis adalah Ketua Kopdit Melati

Tulisan ini sudah dipublikasikan di Buletin Melati dan Majalah WK

One thought on “Mengapa Perlu Access Branding?

  1. salam sejahtera.

    saya zaini, dari bogor. pertanyaan saya, bagaimana marketing yang baik untuk perkembangan kopdit? kemudian, bagaimana cara komunikasi yang baik dan efektif dalam menghadapi target/ calon anggota?

    ditunggu jawabannya.
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s