Pemerintah Perluas Akses KUR

Pemerintah akan memperluas akses Kredit Usaha Rakyat (KUR).  Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak bank penyalur KUR. Rencananya, pemerintah tidak hanya mengandalkan bank-bank BUMN, tetapi juga akan meningkatkan peran 13 Bank Pembangunan Daerah yang ditunjuk.

Saat ini baru ada satu BPD yang menyalurkan KUR yakni BPD Jawa Barat dan Banten (Bank Jabar Banten). Sedangkan 12 BPD lainnya belum ambil bagian. “Dari 13 BPD yang sudah kami tetapkan, ternyata baru satu yang aktif, yang lain kurang persiapan,” ujar Menteri Negara Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan.

Dengan menambah bank pelaksana, pemerintah berharap penyebaran KUR bisa merata di seluruh Indonesia. Karena penyerapan KUR, baik dari sisi nominal maupun penerima, masih didominasi nasabah di Pulau Jawa. Diharapkan setiap  bank daerah bisa menyalurkan KUR sebanyak Rp 3,5 triliun dari target Rp 20 triliun sepanjang tahun ini.

Menteri Pendidikan M. Nuhyang menjadi Ketua Pokja Program Prorakyat mengatakan masih banyak masyarakat terutama yang tinggal di pedesaan yang belum memahami syarat pengajuan KUR. “Sebagian masyarakat merasa mekanismenya masih rumit,” kata dia. Atas dasar inilah, selain memperluas akses, pemerintah juga  akan menyederhanakan mekanisme pengajuan KUR.  Salah satu caranya, sarjana yang baru lulus dapat mengagunkan ijazah mereka untuk mendapatkan kredit.

Sumber: Bisnis Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s