Rampingkan Unit Usaha

Akibat performanya terus menurun, sebagian unit bisnis Koperasi Pegawai Republik Indonesia “Dewi Sri” yang bernaung di bawah Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat terpaksa dipangkas. Seperti usaha agroestate yang ditutup pada 2002 karena dinilai gagal. Demikian juga usaha batu bata merah yang kini tinggal nama.

Bisnis penggemukan sapi adalah unit lain yang baru saja dilikuidasi. Bisnis ini semula kinerjanya lumayan, namun kemudian menurun dan akhirnya ditutup tahun lalu. Tahun ini, unit yang dirintis tahun 2007 ini hanya memelihara empat ekor sapi untuk dijual saat hari raya kurban. Unit lain yang ikut ditutup adalah kerjasama dengan pihak lain. Kerjasama ini dihentikan karena dinilai kurang menguntungkan.

 Praktis bisnis yang dikelola Koperasi Dewi Sri saat ini adalah toko koperasi, foto copy, kredit sepeda motor, pembayaran listrik dan telepon online, serta bisnis andalan unit simpan pinjam (USP). Di luar USP, performa toko koperasi dan foto copy lumayan bagus. “Pendapatan niaga barang (toko koperasi) lumayan bagus karena koperasi melayani kredit notebook dan barang elektronik lain,” kata Ketua KP-RI Dewi Sri Ir. Yana Koryana MP.

Sayangnya, unit sepeda motor tidak bisa mengimbangi kinerja toko dan foto copy. Kinerja bisnis ini malah turun. Namun, penurunan ini, kata Yana, bukan karena kinerjan unit motor menurun ”Usaha motor menurun karena ada perubahan sistem perhitungan sesuai usulan anggota,” jelas Yana.

Kondisi stabil ditunjukkan USP yang kinerjanya terus meningkat. Tahun 2007 volume pinjaman sebesar Rp 1,4 miliar dan naik menjadi Rp 1,6 miliar (2008). Pendapatan pun terdongkrak naik. Sayangnya, naiknya jumlah pinjaman tidak diimbangi dengan modal koperasi.  Akhirnya, koperasi Dewi Sri pun pinjam ke bank. Padahal, pengurus dan manajemen sudah berusaha memenuhi kebutuhan pinjaman dengan simpanan anggota. ”Simpanan anggota menjadi modal utama kegiatan koperasi,” jelas Yana. Namun apa daya, kala kebutuhan pinjaman mendesak, akhirnya modal luar menjadi jalan keluar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s