Target 2010 Realistis

 

 “Kami tidak muluk-muluk menyusun target tahun ini, hanya 15% dari realisasi tahun lalu,” kata Ketua KSU Tunas Jaya H. Sugiharto menambahkan,” InsyaAllah target tahun ini bisa kita capai”.

H. Sugiharto menjamu sejumlah tamu undangan di ruangan lapang, Ahad pagi (7/2). Pembicaraan mengalir seputar kondisi koperasi terakhir di tanah air. Maraknya minimarket modern yang membuat nafas warung-warung kecil sesak nafas, misalnya. Obrolan pagi itu menjadi agak serius dengan hadirnya ‘narasumber’ Ir. Yuliani dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM DKI Jakarta. Pembicaraan yang menghangat harus di-cut.  Rapat anggota tahunan (RAT) KSU Tunas Jaya akan dimulai. Mereka pun bubar menuju ruang sebelah, auditorium Kampus Lembaga Administrasi Negara (LAN), Pejompongan, Jakarta Pusat.

Deretan tamu undangan yang terdiri dari Ir. Yuliani dari Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM DKI Jakarta, H. Soepriyono mewakili IKSP, Ketua Pusat KSU DKI Jakarta H. Nursalim Rendusara, serta Hj. Dina Latifah dari Dekopinda Jakarta Pusat duduk di kursi busa di barisan depan.

Sekitar  500  orang peserta RAT menyimak pembukaan RAT. Sebagai uraian pembuka, Ketua KSU Tunas Jaya memaparkan raihan kinerja setahun. “Selama 2009 terjadi beberapa kejadian penting, salah satunya penggusuran pedagang kaki lima (PKL) yang menjadi anggota koperasi. Sehingga berpengaruh pada usaha anggota dan berdampak ke koperasi,” kata H. Sugiharto. Akibatnya, target tahun 2009 tidak tercapai.

Terkaparnya sebagian usaha anggota yang menjadi PKL mengantarkan capaian pendapatan 2009 hanya 90% dari yang direncanakan. Untunglah perolehan SHU nyaris mencapai target yakni 96%. Meski demikian, masih ada hal yang melegakan. “Alhamdulillah jumlah anggota baru masuk 81 orang, sehingga jumlah anggota keseluruhan 1.709 orang. Asset juga naik tipis sebesar 15,6% dari Rp 18 miliar (2008) menjadi Rp 20,9 miliar (2009). Ekuitas juga, menanjak 9%dan volume pinjaman terkerek 11%.

Bercermin pada capaian kinerja 2009, rencana kerja tahun 2010 disusun lebih realistis. “Kami tidak muluk-muluk dalam membuat target tahun ini,” jelas Sugiharto. Bidang organisasi, koperasi yang berlokasi di Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini akan mengadakan penyuluhan, pelatihan, dan pendidikan. Tunas Jaya juga akan mengurangi terbitan Warta Tunas Jaya dari dua bulanan menjadi triwulan. Menambah jumlah anggota dari 1.709 orang menjadi 1.800 orang serta mengadakan studi banding.

Bidang usaha, Tunas Jaya akan membina usaha anggota, meningkatkan kinerja USP syariah, meningkatkan kualitas pelayanan, menambah omset toko menjadi Rp 2,4 miliar, meningkatkan volume pinjaman USP menjadi Rp 30 miliar, menargetkan pendapatan jasa USP Rp 5,2 miliar, pendapatan waserda Rp 54 juta, jasa laundry Rp 12 juta, serta pendapatan lain Rp 90 juta.

Dalam permodalan dan keuangan, akan menambah modal penyertaan Rp 50 ribu per orang yang diambil dari SHU anggota. Juga menargetkan penambahan modal dari tabungan dengan total jenderal Rp 24 miliar dan tabungan wajib khusus Rp 900 juta. Selain itu, Tunas Jaya akan mencari tambahan kredit program pemerintah dan lembaga keuangan sebesar Rp 1,5 miliar. Hal lain yang akan ditempuh guna memperkuat modal adalah melakukan penagihan piutang lambat dan kredit macet, menjaga likuiditas koperasi di kisaran 150 hingga 200 persen, serta memproteksi harta koperasi dengan asuransi kebakaran.

One thought on “Target 2010 Realistis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s