Biaya Pelantikan Anggota DPR, DPD, MPR Rp 3,4 Miliar

Jakarta – KPU menyiapkan Rp 3,4 miliar untuk pelantikan anggota DPR, DPD, dan MPR periode 2009-2014 yang akan berlangsung pada 1 Oktober mendatang. Namun, diduga terjadi pembengkakan dalam alokasi anggaran tersebut.
 
“Dari data anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) KPU yang disahkan Desember 2008, biaya sumpah/janji DPR dan DPD itu Rp 1,2 miliar,” kata peneliti senior Indonesia Budget Center (IBC) Roy Salam, kepada detikcom, Senin (7/9/2009).

Roy mengatakan, sebagian besar dana Rp 1,2 miliar itu digunakan untuk honorarium kelompok kerja Rp 815,3 juta (68 persen), biaya perjalanan pendataan anggota DPR terpilih Rp 237 juta (20 persen), dan pengadaan barang/jasa Rp 147,6 juta (12 persen).

“Kami menduga ada pembengkakan dan KPU tidak menjelaskan ke publik. Kok tiba-tiba muncul tender? Dari mana anggaran Rp 3,4 miliar, karena awalnya hanya, Rp 1,2 miliar saja untuk pelantikan, itu pun sudah sangat besar?” jelas dia.

Dikatakan Roy, sangat berlebihan KPU sekarang ini menganggarkan jas bagi anggota DPR yang baru. KPU harusnya mengetahui mana asesoris yang dibiayai negara dan mana yang menjadi tanggung jawab calon.

“Masa jas saja dibelikan. Mau pakai baju apa kan pasti mereka tahu dan sudah disampaikan sebelumnya. Kalau semua pakai uang negara jadi apa negara?” tandas Roy.

Begitu pula dengan penginapan. Menurut Roy, KPU tidak perlu menginapkan para anggota Dewan itu di hotel mewah, sebab ada fasilitas negara berupa rumah dinas DPR. KPU tinggal berkoordinasi saja dengan DPR dalam hal itu.

“Kalau hotel mewah, aduh, image kita pejabat itu harus tinggal di tempat sederhana. KPU juga jangan menjebak DPR ke fasilitas yang berlebihan,” lanjut dia.

Di dalam websitenya, KPU telah menyiapkan anggaran senilai hampir Rp 3,4 miliar untuk pelantikan anggota DPR, DPD dan MPR. Anggaran tersebut terbagi dalam empat pos pengadaan lelang yaitu penyediaan akomodasi dan konsumsi (hotel) sebesar Rp 2.874.300.000; penyediaan jas, jaket, baju batik dan hem sebesar Rp 149.938.000; penyediaan kendaraan bus AC dan ambulans sebesar Rp 251.900.000; dan pengadaan jasa penyediaan tas sebesar Rp 115.500.000. (sumber:detikcom)

4 thoughts on “Biaya Pelantikan Anggota DPR, DPD, MPR Rp 3,4 Miliar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s