Kopertama

Produk Kopertama

Produk Kopertama

Produksi Boneka

            Stan mungil koperasi di Sukabumi yang beranggotakan perempuan itu berada di antara pelaku usaha lain dalam sebuah expo investasi daerah yang digelar di Balai Kartini, Jakarta beberapa waktu lalu. Namanya Kopertama. Pengunjung akan menjumpai beragam penganan ringan khas Jawa Barat. Mulai sale pisang, dodol, madu, hingga abon ikan.

            Namun, boneka yang menjadi produksi utama Kopertama malah tidak nampang dalam pajangan. ”Ya, untuk pameran kali ini kami tidak membawa boneka, hanya penganan olahan anggota,” kata Mulyawati, Ketua Kopertama. Boneka teddy bear yang diproduksi anggota Kopertama, kata Mulyawati, biasanya diambil pedagang untuk dijual lagi. ”Ada yang diambil pedagang, ada juga yang dijual ke Pasar Pagi Mangga Dua dan toko oleh-oleh sepanjang daerah Cicurug,” jelasnya.

            Menurutnya, usaha boneka tetap prospektif dalam kondisi apapun. ”Usaha boneka tidak ada matinya.” Justru makanan kecil yang dipamerkan merupakan produk baru koperasi. ”Kami membuat makanan baru sekitar tiga bulan lalu.”

            Saat ini, koperasi yang berdiri sekitar tahun 1999 itu anggotanya belum mencapai seratus orang. ”Anggota kami merupakan pengrajin boneka dan makanan kecil,” jelas Mulyawati. Koperasi, kata dia, membantu permodalan dan pemasarannya. Untuk menjadi anggota koperasi, pengrajin cukup membayar simpanan pokok Rp 10 ribu dan simpanan wajib bulanan Rp 20 ribu.

            Dengan modal anggota yang masih minim, wajar jika koperasi ini kerap kalang kabut memenuhi kebutuhan pinjaman anggota. Untungnya, ada program dana bergulir yang mampir. ”Kami sangat terbantu dengan adanya dana bergulir dari pemerintah.

            Nasib mujur sepertinya masih menjadi milik Kopertama. Bukan hanya mendapat bantuan dana permodalan, koperasi ini juga mendapat bantuan dari Pemprov Jawa Barat berupa pembangunan gedung kopertama dua lantai senilai Rp 700 juta. ”Alhamdulillah, kami dibantu permodalan untuk membangun gedung koperasi.”

            Dengan adanya gedung permanen itu, Kopertama berusaha menampung lebih banyak lagi produk UKM  untuk dipasarkan. ”Kami berharap bisa menampung usaha kecil untuk mengembangkan usahanya bersama Kopertama,” harap Mulyawati.

Alamat Kopertama:

Jl. Siliwangi No. 394 Cicurug Sukabumi 43359

telp (0266)731104

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s