Anggota Selingkuh ke Bank?

Dua tahun lalu, kala saya menghadiri rapat anggota koperasi sekunder di Semarang, Jateng, anggota koperasi itu yang merupakan koperasi primer mengeluhkan merangseknya lembaga perbankan dan nonperbankan ke anggota mereka. “Banyak perbankan yang menawarkan pinjaman langsung ke anggota perorangan kami,” kata seorang pengurus koperasi di daerah Purbalingga. Ternyata, keluhan sama juga datang dari pengurus koperasi di daerah lain. “Koperasi sekarang harus bersaing ketat dengan perbankan. Banyak anggota yang lari pinjam ke bank,” kata H. Suhardi kepadaku sesaat sebelum rapat anggota tahunan dimulai.
Ternyata, permasalahan sama juga dihadapi koperasi di Jawa Barat. “Bank daerah berlomba memberikan kredit ke koperasi pegawai,” kata Prof. Wagiono Ismangil, Ketua IKP-RI usai RAT anggotanya, GKP-RI Jawa Barat.
Kondisi tak jauh beda kini dialami koperasi di DKI Jakarta. “Beberapa anggota kami mengalami mengalami kredit macet, karena anggota langsung minjam di Bank DKI. Sehingga, pembayaran ke koperasi macet,” kata Dra. Suprapti, Ketua PKP-RI DKI Jakarta.
Anggota lari ke bank dan lembaga lain, juga dialami koperasi kredit. Padahal, dalam hal pendidikan angota, koperasi ini npmpr wahid ketimbang koperasi lain di tanah air. Sehingga, sense of belonging to koperasinya tinggi dan kesadaran berkoperasi pun sama. Ternyata, serbuan dan iming-iming kemudahan dari lembaga lain, telah melemahkan mental anggota koperasi kredit. Mereka lebih memilih pinjam ke lembaga lain ketimbang ke koperasinya. “Kalau dari sisi jasa, kami yakin, koperasi kredit lebih rendah,” kata Abat Elias, SE, General Manager Inkopdit.
Fenomena anggota ‘selingkuh’ atau main mata ke bank dan lembaga lain kini kian marak. Koperasi pun dituntut lebih profesional dalam melayani anggota, dan menyelenggarakan pendidikan anggota secara kontinyu. Kalo tidak, siap-siap ditinggal lari anggotanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s