Mengapa Anggota Harus Memiliki Kegiatan Ekonomi Sama?

BlogKoperasiBadan usaha koperasi berbeda dengan perseroan terbatas. PT berupa kumpulan modal, sedangkan koperasi merupakan kumpulan orang yang memiliki kegiatan ekonomi sama dengan tujuan yang sama. Oleh karena itu, wajar jika sebuah koperasi beranggotakan orang-orang yang punya usaha sama, karena untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

Apa hanya karena untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama, anggota koperasi harus memiliki kegiatan bisnis yang sama? Ternyata bukan. Ada alasan lain yang memperkuat kenapa anggota koperasi harus memiliki kegiatan usaha sama. Yakni prinsip koperasi itu sendiri, anggota adalah pemilik sekaligus pelanggan. Sehingga, susah dibayangkan jika anggota koperasi punya usaha atau profesi yang berlainan. Akhirnya, yang jalan hanya unit simpan pinjam. Selain itu, kebutuhan anggota dan kesejahteraan pun tidak terukur karena tujuan kesejahteraan anggota yang berlainan sesuai dengan penghasilan dan pekerjaannya. Koperasi juga akan kesulitan memenuhi kebutuhan anggota nan beragam berkaitan dengan usaha dan profesi yang beragam.

Lainnya, dengan adanya kegiatan usaha yang berlainan, partisipasi ekonomi anggota akan mengalami hambatan. Dan pada akhirnya, juga berpengaruh pada pembagian sisa hasil usaha yang sangat tergantung pada partisipasi ekonomi anggota. Contoh yang paling mudah kita temui adalah koperasi di Indonesia. Karena kegiatan usaha anggota berlainan, atau koperasi dikotakkan berdasarkan instansi bukan kegiatan ekonomi, akhirnya yang berkembang ya hanya unit simpan pinjam. Sekali lagi, akhirnya bidang usaha koperasi yang berkembang dan maju hanya koperasi simpan pinjam, koperasi kredit atau usaha simpan pinjam pada koperasi fungsional dan koperasi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s