Jangan-jangan Koperasi Tidak Laku Lagi

 “Kita seharusnya tahu, dagangan kita (koperasi) itu masih laku atau tidak. Jangan-jangan masyarakat merasa sudah tidak butuh lagi koperasi.” Pernyataan bernada provokatif itu mengalir dari mulut pejabat Kementerian Koperasi dan UKM dalam Diskusi Sistem Pengembangan Koperasi 2009-2014 yang digelar di Gedung DNIKS, Jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (22/7).

Pejabat Kementerian yang berkata lantang bernama Pariaman Sinaga dari Bagian Riset dan Pengkajian itu juga menyampaikan kondisi koperasi sekunder di tanah air. “Saat ini hanya 15% koperasi sekunder yang bisnisnya terkait dengan koperasi primer. Ia juga menyatakan keheranannya, mengapa koperasi maju dan besar, sebagian koperasi yang tidak menerapkan jatidiri koperasi. “Ini berarti harus ada pencitraan ulang koperasi. Masyarakat masih butuh koperasi tidak. Rakyat kecil masih mau berkoperasi tidak,” imbuhnya.

Meski diklaim Kementerian Koperasi, pertumbuhan koperasi tiap tahun lumayan, namun jumlah koperasi yang bertumbangan juga tidak terhitung. “Tiap tahun banyak mayat koperasi, dan jumlahnya terus meningkat tiap tahun,” tegas Pariaman. Apa yang salah dengan koperasi yang di usianya ke 62 belum banyak kemajuannya?

Heira, mahasiswa program Pasca Sarjana Institut Manajemen Koperasi Indonesia atau IKOPIN mengungkapkan argumennya. “Koperasi terbiasa diberi, tapi tidak memberi. Pemerintah sudah memberikan banyak ke koperasi, tapi koperasinya sendiri tidak bisa memanfaatkannya,” ujarnya. Argumen yang dututurkan Heira bukan tanpa alasan. Heira yang merupakan sarjana IKOPIN itu, menjadi konsultan program pemerintah untuk pemberdayaan koperasi. “Saya merasakan sendiri, pemerintah sudah memberikan banyak. Tapi, koperasinya sendiri yang tidak banyak berubah,” tegasnya. Saat ini, perempuan berjilbab ini juga menjadi manajer koperasi karyawan di Bandung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s