All About Coops

Pengertian

01. Koperasi adalah kumpulan orang-orang yang melakukan kegiatan ekonomi bersama untuk mencapai tujuan bersama meningkatkan kesejahteraan anggota berdasar prinsip-prinsip koperasi.

02. Anggota koperasi adalah pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

03. Simpanan pokok adalah iuran yang wajib dibayar anggota ketika masuk menjadi anggota koperasi. Besaran simpanan pokok sama.

04. Simpanan wajib adalah iuran yang wajib dibayar anggota tiap bulan. Jumlahnya terkadang tidak sama untuk tiap anggota, seperti di koperasi karyawan atau koperasi fungsional yang memberlakukan jumlah simpanan wajib berdasarkan golongan kepegawaian.

05. Simpanan wajib khusus adalah iuran yang dibayarkan anggota ketika meminjam uang di koperasi. SWK ini tidak wajib diterapkan di tiap koperasi.

06. Simpanan sukarela adalah tabungan anggota yang besarnya tergantung kemampuan anggota dengan besaran jasa sesuai kesepakatan anggota yang dirumuskan dalam rapat anggota tahunan (RAT).

07. Modal anggota adalah simpanan pokok dan simpanan wajib.

08. Modal sumbangan adalah bantuan dari pihak lain berupa uang ataupun barang yang dapat dinilai dengan uang dan tidak dapat dibagikan ke angota koperasi.

09. Modal penyertaan adalah sejumlah uang atau barang yang dapat dinilai dengan uang untuk menambah modal koperasi.

10. Sisa hasil usaha adalah gabungan dari pendapatan kotor unit usaha koperasi dikurangi biaya operasional serta beban perkoperasian dan pajak penghasilan badan koperasi.

11. Modal sendiri atau ekuitas koperasi adalah modal anggota berbentuk simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan lain yang mempunyai karakteristik sama dengan simpanan pokok dan simpanan wajib, modal penyertaan, modal sumbangan, cadangan, dan sisa hasil usaha yang belum dibagi.

12. Cadangan adalah bagian dari sisa hasil usaha yang disisihkan sesuai dengan ketentuan anggaran dasar atau ketetapan rapat anggota.

13. Promosi ekonomi anggota adalah peningkatan pelayanan koperasi kepada anggotanya dalam bentuk manfaat ekonomi yang diperoleh sebagai anggota koperasi.

14. Rapat anggota tahunan merupakan kekuasaan tertinggi di koperasi yang berisi laporan pertanggungjawaban pengurus menyangkut laporan administrasi, kegiatan dan keuangan koperasi selama setahun.

15.Prinsip-prinsip koperasi yaitu kemandirian, keanggotaan bersifat terbuka, pengelolaan dilakukan secara demokratis, pembagian sisa hasil usaha berdasar partisipasi ekonomi anggota, pemberian balas jasa terbatas terhadap modal, pendidikan, dan kerjasama antar koperasi.

16. Yang membedakan koperasi dengan PT dan BUMN adalah anggota memiliki identitas ganda:sebagai pemilik dan pengguna jasa koperasi.Oleh karena itu:

a. koperasi dimiliki oleh anggota, didirikan dan dikembangkan berlandaskan nilai-nilai percaya diri untuk menolong dan bertanggungjawab kepada diri sendiri, kesetiakawanan, keadilan, persamaan dan demokrasi.

b. koperasi didirikan, dimodali, dibiayai, diatur dan diawasi serta dimanfaatkan anggotanya.

c. tugas pokok koperasi adalah menunjang kepentingan ekonomi anggotanya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota.

04. Dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, koperasi tidak hanya fokus pada usaha, tetapi juga mengembangkan sumber daya anggota melalui pendidikan dan pelatihan yang diselengarakan secara terus menerus.

Struktur

01. Struktur koperasi terdiri dari koperasi primer dan koperasi sekunder. Koperasi primer beranggotakan orang per orang dan koperasi sekunder beranggotakan koperasi primer.

02.Kepemilikan anggota di koperasi primer dan sekunder sama. Dengan demikian tidak ada kepemilikan mayoritas. Sehingga, laporan keuangan tidak dikonsolidasikan.

Jenis Koperasi

01. Koperasi dibedakan menjadi tiga berdasarkan kepentingan anggota dan bisnis intinya yaitu koperasi produsen, koperasi konsumen, dan koperasi jasa. 

02. Koperasi produksi adalah koperasi yang anggotanya tidak memiliki usaha sendiri tetapi bekerjsama dalam koperasi untuk menghasilkan dan memasarkan barang bersama.

03. Koperasi konsumsi adalah koperasi yang anggotanya para konsumen atau pemakai barang dan jasa, atau melakukan pembelian bersama.

04. Koperasi jasa adalah koperasi yang melakukan pemasaran bersama.Peresmian Koperasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s